Tentang IFA

IFA adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Awards, sebuah ajang penghargaan bagi karya dan author fanfiksi berbahasa Indonesia terbaik yang dibagi dalam kategori-kategori yang dianugerahkan.

IFA pertama kali diadakan pada tahun 2008, dan awalnya dilaksanakan terbatas di Infantrum, sebuah forum author fanfiksi Indonesia, dengan metode penjurian. Pada tahun 2009, IFA mulai disosialisasikan keluar Infantrum dan dilaksanakan dengan metode polling. IFA 2010 sukses dijalankan di luar Infantrum dengan metode penjurian-polling, dan menggunakan media yang mudah diakses oleh semua orang. Melalui kuesioner yang diadakan panitia, format ini dirasa telah sesuai dan bisa digunakan pada penyelenggaraan IFA berikutnya.

Mulai tahun 2012, IFA tidak hanya dikhususkan untuk fanfiksi-fanfiksi di Fanfiction.Net (FFN) saja, tetapi juga mengikutsertakan fanfiksi-fanfiksi dari Archive of Our Own (AO3). Pada tahun 2016, penentuan peraih penghargaan IFA dengan metode penjurian berbanding polling.

Di tahun 2020, IFA melebarkan sayapnya. Wattpad dirasa cukup tepat mengingat persebaran fanfiksi berbahasa Indonesia di platform tersebut cukup besar.

Leave a Comment