Pesan Publikasi IFA 2014

Salam hangat bagi semua warga perfanfiksian Indonesia!

Setelah melewati tahapan-tahapan IFA 2014, ini saatnya kita menyambut puncak tahapan IFA 2014, yaitu bulan polling pada bulan Desember 2014. Polling kali ini akan menggunakan survey yang disediakan oleh http://esurveyspro.com.

Dengan ini, kami akan menjelaskan proses seleksi dan penjurian IFA 2014.


Proses Penjurian Kategori Fanfiksi

  • Nominasi masuk dari lembar nominasi yang disebarkan sejak 1 Oktober 2014 diseleksi teknis (Seleksi Teknis I dan II) oleh panitia. Seleksi teknis mencakup persyaratan yang telah diumumkan sebelumnya pada bulan Nominasi.
  • Nominasi yang dinyatakan lolos Seleksi Teknis (I dan II) yang diumumkan per gelombang, diserahkan kepada juri secara berkala; terdiri atas 6 (enam) gelombang. Pada setiap gelombang tersebut, panitia memberikan paket nominasi pada juri, yang akan dikembalikan kepada panitia pada tanggal yang ditentukan oleh panitia dan disetujui oleh juri.
  • Hasil penjurian yang diterima panitia akan diolah oleh panitia dengan bobot penilaian yang ditentukan oleh panitia. Perlu diketahui bahwa JURI TIDAK MENGETAHUI BOBOT DAN RUMUS PENILAIAN ketika menerima nominasi dari panitia, sehingga meskipun para juri memberikan nilai, para juri tidak mengetahui nilai akhir yang menentukan fanfiksi lolos polling. Hasil penjurian ditampung sampai seluruh nominasi yang masuk IFA 2014 selesai dijuri.

    Aspek yang dinilai adalah:

    – Disclaimer. Poin terendah adalah -10 dan tertinggi 4.

    – Guidelines. Merupakan pengurangan poin atas setiap pelanggaran yang dilakukan. Guidelines dibedakan menjadi Guidelines FFN dan Guidelines AO3. Pelanggaran terbesar adalah pengurangan dengan nilai -20 dan pengurangan teringan adalah -5.

    – Standar Penulisan. Meliputi EYD dan Tata Bahasa & Kerapihan. Poin tertinggi adalah 12. Bobot dalam nilai total adalah 3.

    – Story. Meliputi Setting (parameternya disesuaikan dengan masing-masing genre), plot, ke-IC-an (kategori IC), karakterisasi (untuk kategori romance slash) dan konsistensi (untuk multichapter). Poin tertinggi untuk Oneshot/Multichapter adalah 12 atau 18 (romslash). Bobot nilai total Setting, Plot, dan ke-IC-an adalah 4. Sedangkan bobot Konsistensi adalah 2.

    – Unsur Fisik dan Unsur Batin. Pada kategori poetry terdapat poin penilaian unsur fisik dan unsur batin, kedua poin penilaian tersebut sama saja dengan poin story pada kategori lain. Poin tertinggi untuk Oneshot/Multichapter adalah 12, sedangkan bobot nilai untuk masing-masing poin penilaian adalah 4.

  • Setelah melakukan penghitungan poin akhir, data akan diurutkan berdasarkan nilai tertinggi. Kemudian dari urutan tersebut, panitia akan mengambil lima karya dengan nilai tertinggi di masing-masing subkategori untuk diteruskan ke tahap Polling, kecuali ada karya bernilai sama. Dalam hal beberapa karya mengandung nilai sama, ada beberapa pertimbangan, yaitu:

    – Apabila dua atau tiga nilai tertinggi diperoleh dua fanfiksi dengan nilai sama, maka yang diloloskan ke tahap polling hanya tiga nilai tertinggi, sehingga tahap polling menyertakan lima hingga enam fanfiksi.

    – Apabila nilai tertinggi posisi kelima diperoleh dua fanfiksi, maka keduanya diloloskan ke tahap polling, sehingga tahap polling menyertakan enam fanfiksi (dengan dua fanfiksi yang memperoleh nilai sama—nilai tertinggi posisi kelima).

    – Jumlah fanfiksi lolos polling akan tergantung jumlah fanfiksi bernilai sama.

  • Rekapitulasi pengolahan data yang berisi nilai akhir dari setiap fanfiksi akan diserahkan kembali kepada juri untuk disetujui. Juri yang memegang sub-kategori di mana terdapat judul karya dengan lima nilai tertinggi ternyata lebih dari enam judul, maka panitia akan meminta juri untuk menyempitkan judul-judul karya tersebut menjadi lima judul fanfiksi saja, hal ini disebut Mekanisme Penyempitan. Mekanisme ini meminta juri membaca kembali beberapa karya bernilai sama, dan mengajukan judul karya yang paling merepresentasikan GENRE/SETTING yang dipegang di antara karya-karya yang bernilai sama tersebut.
  • Semua judul yang masuk menjadi nominasi resmi lolos polling IFA 2014 merupakan daftar judul yang sudah disepakati bersama oleh juri dan panitia.

Proses Seleksi Kategori Author, Fandom dan Favorit

Kami mendasarkan seleksi dari BANYAKNYA PENOMINASI untuk satu nominasi tertentu. Rekapitulasi jumlah dapat dipercaya karena panitia menggunakan fasilitas formula pada Ms.Excel untuk memastikan. Banyaknya nominasi yang berhak masuk polling ditentukan dari persentase yang berkisar antara 7%-51% dari total nominasi untuk kategori tersebut.

1.Nominasi masuk diseleksi teknis berdasarkan persyaratan masing-masing kategori
2.Nominasi yang lolos seleksi teknis, diurutkan berdasarkan banyaknya penominasi
3.Nominasi akan diambil sekitar 7-51% dari jumlah nominasi yang dinyatakan lolos seleksi teknis. Jumlah nominasi tidak dapat dipukul rata setiap subkategori, sebab nominasi sering kali memiliki banyaknya penominasiyang sama.

Mekanisme ini mungkin sedikit agak memaksa, namun kami terpaksa melakukan ini karena polling dengan jumlah lebih dari 50 nominasi tidak mungkin dilakukan dan tidak akan efektif bagi voters. Akan tetapi, panitia bisa menjamin bahwa tidak ada nominasi berjumlah penominasi sama yang tidak diperlakukan sama. Hal ini berbeda dengan mekanisme pada penjurian kategori fanfiksi di atas.


Selengkapnya mengenai mekanisme penjurian akan terlampir di Publikasi Hasil Penjurian IFA 2014. Sekali lagi, sebelum kami memberi link menuju hasil penjurian, ada beberapa hal yang agaknya perlu diingat baik-baik oleh partisipan sekalian, yaitu:

1. Nilai penjurian tidak merepresentasikan baik/buruknya suatu karya. Secara keseluruhan, penjurian didasarkan pada KESESUAIAN GENRE/SETTING. Poin kesesuaian tersebut mendapat bobot paling besar dalam penilaian. Nilai yang rendah tidak selalu berarti sebuah karya BURUK. Nilai yang rendah bisa menunjukkan bahwa suatu karya tidak sesuai dengan genre/setting yang bersangkutan, dari segi feel dan lainnya.

2. Standar penilaian setiap juri/genre bersifat SPESIFIK dan TIDAK BISA DIBANDINGKAN SATU SAMA LAIN. Jangan membandingkan satu nilai dengan nilai lain pada sub-kategori berbeda. Rentang maksimal dan minimal penilaian setiap juri memiliki perbedaan, sehingga perbandingan yang valid hanya ada pada antarnilai di satu sub-kategori sama.

3. Dalam menjuri dan menilai, yang diperhatikan hanyalah KARYA. Nama author, fandom, maupun banyaknya penominasi tidak mempengaruhi penjurian/penilaian; sehingga mungkin saja ada lebih dari satu judul karya yang lolos polling dari satu nama author/fandom.

4. Guidelines FFn dan Guidelines AO3 adalah BERBEDA. Sehingga judul karya yang dijatuhi pelanggaran pada fanfiksi di FFn belum tentu terkena pelanggaran atas kasus yang sama pada fanfiksi di AO3.

Hal-hal tersebut agaknya perlu diingat ketika partisipan sekalian melihat Hasil Penjurian IFA 2014, sehingga akan memudahkan partisipan sekalian memahami proses yang kami lakukan.


Berikut adalah link publikasi yang dapat dilihat oleh partisipan:

Voting dapat dilakukan sejak tanggal 2 Desember 2014 pada pukul 21:00 WIB melalui link ini: http://bit.ly/pollingifa14

Terima kasih atas partisipasi teman-teman sekalian dalam rangkaian kegiatan Indonesian Fanfiction Awards (IFA) 2014! Tinggal satu tahap terakhir untuk ajang apresiasi fanfiksi berbahasa Indonesia tahun 2014 ini. Selamat melakukan voting!

Majukan fanfiksi berbahasa Indonesia!

Hormat kami,
Panitia IFA 2014
(pindanglicious, nawdblume, gyucchi, Kitsune Haru Hachi, Ysyvya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s