IFA 2009

Pemenang IFA 2009

1) Kategori Umum: Fanfiction

Kategori khusus:
a) Best Romance for Straight
OS: Close Your Eyes and Pretend oleh Arialieur (Naruto)
MC: Keajaiban Ketujuh oleh Diamond Crest (Harry Potter)

b) Best Romance for Slash
OS: Shadows Behind the Moon oleh Monochromatic Pylon (Naruto)
MC: Playtime oleh Arialieur (Naruto)

c) Best Friendship
OS: Ame no Shita de Anemone oleh aicchan (Naruto)
MC: No Need Title oleh dillia shiraishi (Eyeshield21)

d) Best Family
OS: Kado Untuk Adikku oleh Lady Arlene (Naruto)
MC: La Familia oleh aicchan (Naruto)

e) Best Humor/Parody
OS: Pengabdian di Dasar Laut oleh konohafled (Spongebob Squarepants)
MC: Dirty Daddies oleh Dani S. Edelstein (Naruto)

f) Best Angst/Tragedy
OS: Shadows Behind the Moon oleh Monochromatic Pylon (Naruto)
MC: Liaison Amoureuse oleh Slyth Sevvy (Naruto)

g) Best Horror/Mystery/Suspense/Crime
OS: The Pumpkin oleh fariacchi (Naruto)
MC: Dark Blood oleh Uchiha Yuki-chan (Naruto)

h) Best Adventure/Spiritual/Sci-fi
OS: Teman Untukku oleh Dani S. Edelstein (Naruto)
MC: Dark Blood oleh Uchiha Yuki-chan (Naruto)

i) Best M-rated
OS: The Pumpkin oleh fariacchi (Naruto)
MC: Psycho oleh G and K (Naruto)

j) Best Lime/Lemon/PWP
OS: Close Your Eyes and Pretend oleh Arialieur (Naruto)
MC: Negosiasi oleh konohafled (Naruto)

k) Best Canon/In Chara
OS: Erised Stra Ehru oleh ambudaff (Harry Potter)
MC: Father Figure oleh ambudaff (Harry Potter)

l) Best Alternate Universe
OS: Tariku Kisah Hidupku oleh konohafled (Naruto)
MC: Welcome to The Real World oleh Chiaki Megumi (Naruto)

m) Best Infantrum Challenge
OS: Pihak Ketiga adalah Dango oleh konohafled (Naruto – 50 Sentences Challenge)
MC: 5日間 oleh dillia shiraishi (Naruto – Black and White Challenge)

2) Kategori Umum: Author

Kategori Khusus:
a) Best Diction: SheilaLuv
b) Best Ideas: Dani S. Edelstein 
c) Best Collaboration: Dani en Yuki
d) Best Newcomer: Chiaki Megumi

3) Kategori Umum: Favorit

Kategori Khusus
a) The Most Favourite Fanfiction for OneShot: Canvas oleh heylalaa (Megami Tensei)
b) The Most Favourite Fanfiction for MultiChapter: Little Black Book oleh Zen Xiao-Fang (Harry Potter)
c) The Most Favourite Author: Dani S. Edelstein

4) Kategori Khusus

Kategori khusus ini diadakan atas usul sebagian juri dan panitia, untuk menggantikan sistem Judge’s Pick. Dibandingkan dengan menggunakan sistem Judge’s Pick yang dikiranya akan memakan waktu, kami memutuskan untuk mengadakan kategori khusus ini. Kategori khusus ini dipilih nominee-nya berdasarkan pengamatan dan pengetahuan juri secara objektif terhadap penulis-penulis yang aktif di tahun 2009.

Author Paling Berdedikasi 2009: Yukitarina

Yukitarina adalah salah satu nama pena yang sangat dikenal dalam fandom Saint Seiya—baik English maupun yang berbahasa Indonesia. Bergabung sejak akhir 2008, Yukitarina sudah menggebrak fandom Saint Seiya English dengan karya-karyanya yang sangat menyentuh. Di bagian bahasa Indonesia pun, sepanjang tahun 2009, Yukitarina telah mem-publish karya-karya berkualitas dalam berbagai genre. Karya-karyanya yang indah sungguh mencerminkan kesungguhan hati seorang Yukitarina dalam menulis untuk fandom yang dicintainya.

Juga merupakan salah satu penggerak yang sangat bersemangat dalam memajukan Gerakan Pencegahan Punahnya Fans Saint Seiya, Yukitarina bersama author-author fandom Saint Seiya Indonesia membuat sebuah akun bersama—yaitu dikenal dengan nama Saint-Holic.

Kecintaan Yukitarina kepada fandom Saint Seiya dapat dikatakan tak terkalahkan. Sebagian besar karyanya adalah untuk fandom Saint Seiya dan Yukitarina sendiri telah menjadi author idola dari banyak author lain di fandom tersebut, baik di bagian English maupun Indonesia.

Keberadaan seorang Yukitarina dan karya-karyanya telah memberi warna baru bagi fandom Saint Seiya yang hampir terlupakan, dan menjadi penggerak bagi roda kehidupan fandom yang pernah hampir mati tersebut.

Atas dedikasinya yang begitu luar biasa dalam menghidupkan kembali, serta mempromosikan kembali fandom Saint Seiya ke hadapan para pembaca setia fanfiction.net, sudah sepantasnya anugrah Special Awards IFA 2009 untuk kategori

Author Paling Berdedikasi diberikan kepada Yukitarina. Semoga nama Saint Seiya bisa semakin bersinar terang di dunia fanfiksi Indonesia, sesilau kecintaan seorang Yukitarina pada fandom tersebut.

Author Terproduktif 2009: aicchan

Bergabung di fanfiction.net sejak April 2007, nama aicchan telah berkibar di dunia fanfiksi Indonesia—khusunya di fandom Naruto. Total 75 karya dan seratus lebih chapter telah terlahir dari tangannya. Tentunya angka itu tampak akan terus meningkat seiring keaktifan seorang aicchan yang perlu diapresiasi.

Sepanjang tahun 2009, terhitung sejak Januari hingga Desember 2009, aicchan telah menerbitkan 51 judul karya, dengan total sekitar 90 chapter yang rata-rata setiap chapter-nya mampu mencapai di atas 4000 words. Tidak hanya kuantitas yang sangat luar biasa, aicchan juga sangat konsisten dalam beraktivitas di dunia fanfiksi Indonesia. Tercatat ada lebih dari lima judul karya yang merupakan multichapter dengan jumlah chapter 3 atau lebih—yang terus di-update secara berkala oleh aicchan.

Beberapa judul karya multichapter yang berhasil diselesaikan dengan indah oleh aicchan adalah: To Love You More (13 chapter, Naruto, 2009) serta In Autumn Breeze (16 chapter, Harry Potter, 2010). Juga ada beberapa judul karya multichapter yang masih terus berlanjut dan dipertahankan seiring dengan terus mengalirnya karya-karya oneshot dari aicchan. Tidak hanya itu, aicchan juga terhitung aktif sebagai reader dan reviewer, pengapresiasi yang baik dalam fandom tempatnya bernaung.

Melihat fakta-fakta di atas, agaknya tidak bisa diragukan bahwa produktivitas seorang aicchan dalam dunia fanfiksi Indonesia sepanjang tahun 2009 sangat patut ditempatkan di posisi tertinggi. Di tengah kesibukan dalam pekerjaannya, aicchan tetap mempertahankan eksistensinya dalam dunia fanfiksi yang dicintainya.

Atas produktivitasnya yang begitu luar biasa dan patut diteladani, sudah sepatutnya jika anugrah Special Awards IFA 2009 kategori Author Terproduktif 2009 jatuh ke tangan aicchan.

Semoga dari tangan kreatif dan produktif aicchan akan terus mengalir karya-karya luar biasa yang menghias fanfiksi Indonesia pada tahun-tahun berikutnya.

Fanfiksi Terindah 2009: Tariku, Kisah Hidupku oleh konohafled

Tiada kata yang cocok untuk melukiskan karya ini selain “indah”. Disajikan dengan keindahan tiada tara; baik dari segi gaya penulisannya, bahasanya, maupun ceritanya. Nilai plus yang paling menonjol dari karya ini adalah penafsiran sebuah tari Indonesia, tari Beksan Menak Adaninggar-Kelaswara, ke dalam sebuah fanfiksi berbahasa Indonesia yang dikemas begitu sempurna.

Karya ini mengisahkan tentang Haruno Sakura, seorang gadis Jepang yang mengambil kuliah Sastra Indonesia di Yogyakarta dan jatuh cinta kepada budaya Indonesia, khususnya tarian. Cintanya kepada semua itu membuatnya rela menomorduakan Uchiha Sasuke, kekasihnya di Jepang. Meskipun hampir semua orang menyuruhnya kembali ke Jepang, namun Sakura tetap memilih untuk terus menari.

Konohafled, sang author, telah sangat sukses menyusun plot ke dalam penulisan yang indah. Gerakan tari Sakura menyatu secara filosofis dengan kisahnya. Timeline cerita diatur dengan tepat tanpa membingungkan. Bahasanya mengalir tetapi ringan serta mudah dipahami.

Membaca karya ini, selain memuaskan para pemburu fanfiksi indah, juga akan memberikan kesan yang sangat dalam, dan dengan sangat luar biasa akan menambah kecintaan terhadap budaya kita tercinta.

Atas keindahannya yang begitu luar biasa dalam wujud ramuan antara bahasa, budaya, serta imajinasi logika dalam balutan nuansa Indonesia, sudah sepantasnya jika karya berjudul Tariku, Kisah Hidupku karangan konohafled ini dianugerahi Special Awards IFA 2009 kategori Fanfiksi Terindah 2009.

Lifetime Achievement Award IFA 2009: ambudaff

Ambudaff, itulah nama pena sosok seorang ibu dari tiga anak ini. Sebuah nama singkat yang mudah diingat, serta telah menghias wajah fanfiction.net sejak awal tahun 2005.

Hampir lima tahun sudah ambudaff berkecimpung di dunia fanfiksi berbahasa Indonesia. Selama satu lustrum tersebut, beliau telah menjadi saksi sekaligus peletak dasar bagi perkembangan fanfiksi Indonesia. Seratus tiga belas karya sudah dihasilkan beliau dalam berbagai fandom berbahasa Indonesia—dan beliau tetap terus menulis.

Seorang senior yang baik dan sangat dihormati, itulah sosok seorang ambudaff di mata para author-author fanfiksi Indonesia lainnya—yang cenderung berumur jauh lebih muda darinya. Sosok yang mampu berbaur dengan sangat fleksibel di nyaris segala ruang gerak dalam dunia fanfiksi—tanpa batasan usia penulis, genre karya, tokoh, maupun fandom.

Menulis sudah menjadi bagian kehidupan yang tidak bisa dilepaskan oleh beliau. Di luar fanfiksi pun, ambudaff aktif menulis originalfiksi, juga tulisan-tulisan informatif yang sungguh memberi banyak wawasan. Begitu luar biasanya kecintaan beliau terhadap kegiatan menulis, sehingga bahkan disela tanggungjawab sebagai seorang ibu rumah tangga, ambudaff terus aktif memproduksi karya-karya indah yang memukau.

Semua spesifikasi yang mengagumkan dari beliau dalam dunia fanfiksi Indonesia sangat lebih dari cukup untuk Special Awards IFA 2009 kategori Lifetime Achievement Award jatuh dengan sempurna ke tangan seorang ambudaff. Semoga beliau terus berkarya, menghiasi dunia fanfiksi Indonesia, menjadi panutan bagi penulis-penulis muda lain untuk terus mengabdi dalam kecintaan terhadap menulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s